Mesin adalah suatu media atau alat untuk mengubah energy seperti air,panas,angin,listrik,atom menjadi energy gerak atau mechanical energy . mesin sepeda motor rata –rata menggunakan energy panas atau listrik. Yang kita bahas disini adalah mesin sepeda motor yang menggunakan energy panas atau bias di sebut motor bakar yang umum nya kita lihat dan kita pakai sehari hari.
Mesin sepeda motor di bagi menjadi 2 yaitu mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Mesin 4 tak atau mesin 4 langkah artinya untuk menghasilkan satu kali tenaga, mesin tersebut membutuhkan 4 kali langkah gerak bolak balik piston atau seher dari TMA ( Titik Mati Atas ) Ke TMB ( Titik Mati Bawah ) dan sebaliknya dari TMB ke TMA yaitu 2 kali Putaran poros engkol atau crankshaft dan 1 kali putaran noken as atau camshaft.
Nah sobat itulah pengertian dari mesin dan Pembagian mesin pada sepeda motor, Pembahasan selanjut nya adalah nya Siklus kerja mesin 4tak/4langkah

Siklus Kerja Mesin 4 Tak Sebagai Berikut
Langkah Hisap
Pada langkah ini terjadi campuran bahan bakar dengan udara yang telah diubah menjadi gas yang di hasilkan oleh daya isapan atau kevakuman di ruang bakar. Lalu campuran bahan dari karburator terhisap masuk keruang bakar melalui intakemanifold atau saluran masuk.
Piston membentuk kevakuman di dalam silinder , Piston bergerak dari TMA ke TMB terjadi nya kevakuma ini yang menyebabkan katup hisap terbuka dan katup buang tertutup pada proses pemasukan bahan bakar berlangsung.
Langkah Kompresi
Pada langkah ini teradi campuran bahan bakar di dalam silinder yang bertujuan untuk meningkatkan tekanan dan suhu pembakaran yang akan menghasilkan pembakaran yang sempurna dan ledakan yang besar yang nantinya mendorong piston ke bawah.
Pada langkah kompresi kedua klep in dan ex dalam keadaan menutup rapat supaya pemadatan campuran bahan bakar tidak terjadi kebocoran pada langkah kompresi.
Piston bergerak dari TMB Menuju TMA yang bertujuan mendorong dan memadatkan campuran bahan bakar sebelum langkah Usaha.
Note : Pada umumnya kompresi untuk motor 4 langkah berkisar antara 8 – psi/kg sedangkan untuk motor 2 tak antara 6 – 8 psi/kg
Langkah usaha
Ledakan dari proses pembakaran mendorong piston ke bawah menuju TMB di sinilah sebuah tenaga dari mesin Bakar 4 tak yang dihasilkan. Baca Juga Pengertian MotorBakar
Kedua klep in dan ex dalam keadaan tertupu rapat sehingga dari hasil pembakarn dengan penuh mendorong piston tanpa terjadi kebocoran.
Piston bergerak dai TMA ke TMB karena terdorong oleh hasil pembakran yang berupa ledakan dan nantinya tenaga di salurkan ke Kruk AS atau poros engkol memlalui stang Piston.
Langkah Buang
Nah sobat ini merupakan langkah terakhir dari proses terjadi nya siklus mesin yaitu langkah buang , hasil dari proses bembakaran yang akan di keluarkan menuju ke knalpot . berikut terjadi nya proses langkah buang
Klep ex atau buang terbuka untuk membukasaluran buang, kemudian klep in tertutup agar tidak bocor kesaluran masuk, selanjutnya piston begerak dari TMB menuju TMA mendorong sisa sisa gas pembakaran yang keluar dari ruang bakar melalui saluran Exhaust manifold melalui knalpot.

Gimana sobat udah paham pada proses siklus mesin 4 langkah ? semoga artikel yang saya ketik dari buku saya bermanfaat bagi sobat.
Keterangan : Pada saat akhir langkahbuang dan awal langkah isap kedua klep in dan ex dalam keadaan terbuka bersamaan di Sebut Over Lapping Klep
TDC ( Top Death Center ) atau TMA
BDC ( Bottom Death Center ) atau TMB